Jumat, 07 Oktober 2016

Tenaga

Saya cuma membahas di TCMA (Traditional Chinese Martial Arts).Tenaga adalah hal yang membedakan TCMA satu dengan yang lainnya.Umumnya orang hanya fokus ke tenaga untuk finishing.Sebenarnya ada 1 lagi tenaga ,yaitu tenaga untuk bergerak.Bagaimana proses tubuh bergerak seperti sistem yang dipelajari.
bermain badminton dan bermain tenis beda cara bergerak.Badminton perlu kecepatan gerak di atas tenis karena bola cepat dan tempat lebih kecil.Tenis perlu tenaga besar untuk memukul bola,otomatis ara bergerak juga beda.
Mempelajari TCMA kalau mau idealis ,janganlah memakai pendapat kita sendiri.Seringkali org belajar tidak bisa obyektif.Kalau tidak bisa ketemu lalu menyimpulkan TCMA yang dipelajari kurang lengkap.
TCMA sebenarnya kaya ilmu. Bergerak efisien berarti panjang umur karena tubuh tidak cepat aus.Ini yang membedakan dengan beladiri modern yang seringkali hanya mengandalkan suplemen untuk memicu tubuh,tubuh cepat rusak .Beda filosofi.Cari dulu proses pemakaian tenaga untuk bergerak.Tenaga di finishing hanyalah bonus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar