Jumat, 06 November 2015

Kungfu Style Halus Tidak Perlu Melatih Otot?

Sering sekali saya dengar org bilang gini,saya suka wing chun karena tidak memakai otot.Melawan orang yang lebih besar bisa,tanpa tenaga besar.Atau saya mau belajar taichi aja,gak capek.Untuk menjawabnya ,anda harus sudah membaca trit saya yang internal power.Melatih otot tetap perlu,hanya harus tau otot mana yang boleh dilatih dan mana yang tidak.Yang banyak dilatih itu sebenarnya otot otot di sambungan tulang atau otot tendon.Cara melatihnya pun harus tau.Otot tendon ini sifatnya elastis,kalau sampai latihannya menyebabkan mengeras atau kaku berarti salah.Bagian ini melatih otot ini kalau di kungfu yang style nya halus lumayan susah. Kebanyakan praktisi kungfu di atas jarang yang memberi perhatian untuk melatih otot karena prinsip yang salah.Kosong itu bukan lemas.Otot yang merupakan penggerak kerangka tubuh harus kuat dan lentur.Tenaga dari tan tien itu ibaratnya mesin.Tenaga yang besar tanpa ditunjang kaki kaki yang kuat,keseimbangan yang bagus,rangka yang kuat dll akan membuat mobil tidak nyaman dinaiki.Jangan lupakan berlatih fisik.Badan tidak harus berotot ,tapi lentur dan liat.Kungfu pada dasarnya bisa melipatgandakan tenaga kecil menjadi besar,tapi latihannya harus benar dulu.Sayang sekali kalau teknik bagus tapi kebugaran rendah.Semua akan sia sia.Untuk pertandingan taichi tuishou tahun depan,kalau saya boleh menyarankan coba praktisi taichi menambah latihan High Intensity Interval Training (HIIT) .Silakan dipilih di youtube mana yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar