Jumat, 08 Juli 2016

Slavic Martial Arts

Saya sedang membaca buku Roger Crowley ,1453 Detik Detik Jatuhnya Konstantinopel ke Tangan Muslim,ketika ada bagian yang menarik perhatian saya : Kesultanan Usmani pada 1534 adalah makhluk multi kultural yang merangkul rakyat taklukannya tanpa peduli identitas etnis.Pasukan perusaknya adalah orang Slavia?Slavic,jenderal jenderalnya orang Yunani,para laksamananya orang Bulgaria sementara sultannya berdarah setengah Serbia atau Makedonia.
Beladiri dari Slavic,belum pernah saya dengar sebelumnya,jarang sekali disinggung dalam forum forum beladiri yang pernah saya ikuti.Menarik,saat dipakai sebagai pasukan perusak.


Setelah cari di youtube,ternyata kok malah mirip mirip systema nya Kadachnikov.Setahu saya Kadachnikov ini termasuk org yang awal memperkenalkan systema ke masyarakat umum setelah sebelumnya hanya di kalangan militer Rusia.


Systema nya kadachnikov menurut saya sangat unik.Stylenya ala beladiri timur.Lentur,kosong isinya bagus,padahal orang Rusia badannya besar besar. Mengenai dari mana Kadachnikov belajar ,agak membingungkan karena tidak ada pernyataan yang jelas asalnya dari mana.
Slavic MA ada kemiripan dengan Systema ,mungkin karena berasal dari daerah yang berdekatan,dari Asia Timur.Dari Slavic ini saya sedikit menemukan hubungannya dengan daerah Timur.Dari bahasanya,bahasa Slavic sangat mirip dengan bahasa Sansekerta.


M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar