Senin, 08 Agustus 2016

Fairbairn-Sykes Knife



Kalau saya bilang pisau Fairbairn-Sykes mungkin terasa asing di telinga orang awam yang bukan penggemar pisau.Tetapi kalau bisa dibilang pisau tentara pasti banyak yang tahu.
Pisau ini dipakai oleh tentara Inggris waktu Perang Dunia kedua.
Saya punya satu yang bikinan lokal.


Awalnya saya kurang merasa nyaman dengan gagangnya yang kecil.Ternyata saya salah cara memegangnya.Cara memegang yang benar adalah seperti gambar di bawah ini :


Jari telunjuk melingkar di sekitar guard,lalu posisi jempol spt itu.Jari lain hanya menyentuh ringan.
Pisau seperti ini lebih ke fungsi untuk menusuk,karena lebar bilah yang sempit,akan jadi rawan patah bila sisi kanan kirinya ditajamkan.
Berikut di bawah ini tabel titik titik yang bisa berakibat fatal bila terluka,diambil dari sumber dari Fairbairn-Sykes Fighting Knife.


Seandainya bertemu dengan lawan yang membawa pisau ini,yang perlu diwaspadai adalah tusukannya/ujungnya.Untuk slice kurang karena tidak bisa tajam.Panjang total 30 cm,jadi mencari tongkat atau benda apa yang lebih panjang cukup membantu.
Untuk penjahat saya rasa jarang yang membawa pisau ini,tidak populer.Justru kalau ada yang membawa pisau ini malah berbahaya,karena ada kemungkinan sudah mahir memakai pisau atau malah tentara.
Panjang pisau 30 cm ini ideal untuk medan perang tetapi kurang nyaman untuk dibawa sehari hari karena lumayan panjang.Selain itu desain pisau ini memang hanya dipakai untuk melukai orang,tidak bisa dipakai misalnya untuk alat bantu kerja.Buat mengupas mangga aja juga tidak bisa.Atau bila dipakai untuk memotong tali bentuknya sangat mengintimidasi.Jadi tidak mungkin membawa pisau ini jalan jalan biasa kecuali memang tujuannya melukai orang.

2 komentar: