Rabu, 17 Agustus 2016

Jarak dan Menempel

Jarak yang dimaksud adalah lawan masih di luar jangkauan kita.Seringkali orang bertanya,mainnya kok nempel terus?Kalau lawan tidak mau ditempel apa bisa dipakai?
Menempel kalau di sistem saya dipelajari di level akhir.Justru awalnya belajar dr pengamatan visual dulu.
Dimulai darimana kita memfokuskan pandangan mata kita.Mata diarahkan ke titik tengah tubuh.Biasanya di daerah uluhati.Bila kita melihat uluhati,kita bisa melihat datangnya serangan dari kaki atau tangan sekaligus.
Dari uluhati kita dpt dgn mudah membaca lawan akan bergerak.Untuk ini kita harus belajar proses tubuh bergerak.Misal akan memukul,memukul pasti diawali dengan bahu bergerak dulu.Menendang diawali dengan pinggul bergerak dulu.Ada drill drill yg akan membantu tubuh kita agar bisa bereaksi dengan cepat.Bagaimana cara blocking atau menetralisirnya.
Setelah itu kita juga belajar membaca postur lawan saat posisi sdh siap bertarung.Membaca kira2 serangan apa yg paling cepat dan paling berbahaya dari lawan.Bagaimana seharusnya kita bergerak untuk memperkecil peluang lawan menyerang.Ini juga bisa dilatih sebelum latihan berikutnya yg lebih bebas.Baru setelah latihan jarak ini mahir,melangkah ke menempel.Karena menempel lebih susah karena sudah main feel.Pengamatan visual tidak terlalu berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar