Jumat, 05 Agustus 2016

Sam Cien ...(1)

Nama blog saya memakai nama Sam Cien,karena saya memang bergeraknya di kungfu selatan.Nama sam cien sudah dikenal luas karena banyak disebut praktisi  beladiri kungfu selatan.Banyak sekali yang dengan bangga berkata bahwa dia selama puluhan tahun hanya berlatih sam cien.Atau sam cien ini bisa dilatih sampai tua.Tetapi saat ditanya detilnya bingung.Paling jawabannya hanya sam cien ini memperkuat tan tien.



Sebenarnya kalau mau diteliti ada banyak hal menarik yang bisa diurai dari sam cien ini.Dulu saat saya masih awal awal belajar,ada pertanyaan,aplikasinya bagaimana?Apakan jari saya kuat saat menusuk ke depan?Apakah kaki harus dibalik jadi kiri depan juga agar kedua kaki hidup?Kenapa susah menemukan aplikasinya?Pertanyaan yang sangat umum bila orang melihat orang berlatih sam cien.Yang harus diketahui adalah pada dasarnya sam cien ini bukan aplikasi,tapi latihan conditioning agar badan siap memainkan gerakan sesuai sistem yang dipelajari.
Sam cien ini pada dasarnya memang untuk generate power.Kondisi latihan memang dibuat ideal,dalam arti memang terlihat seperti ada ancang ancang.Kalau bisa memahami sam cien memang mengasyikan.

Sam cien ini sebenarnya mengajarkan bagaimana proses generate power.Bagaimana postur yang benar agar tenaga tanpa disalurkan dengan efisien.Komplit dari mulai bagaimana kaki di posisi yang tepat,pinggul,bahu dan terakhir bridge tangan.Salah menafsirkan akan membuat power tidak optimal.

Sebagai contoh adalah gerakan kedua tangan serentak menusuk dengan jari.Sebenarnya ini adalah gerakan untuk melatih sendi bahu.Secara alami,sendi bahu ini bersifat elastis,bisa memanjang sedikit.Kesalahan kontraksi otot akan menyebabkan otot sendi bahu ini mengeras.Karena mengeras akhirnya penyaluran tenaga terhambat.Ibaratnya seperti arus listrik yang melewati kabel dengan hambatan yang besar.Akhirnya tenaga habis di tengah jalan.

Yang namanya tan tien itu hanyalah sebagian dari proses penyaluran tenaga,tetapi tidak bisa berdiri sendiri.Harus ada jalan tenaga yang benar dan sinkronisasi tubuh.

Detil lainnya masih banyak,seperti misal bagaimana upper dan lower body bisa sinkron,otot mana yang boleh kontraksi dan mana yang tidak boleh,bagaimana seharusnya posisi telapak kaki,bahkan jari kelingking juga ada fungsinya dll.Belum lagi ada praktek pasangannya yang tidak kalah pentingnya dan sangat menarik dibahas.

Ciao....














Tidak ada komentar:

Posting Komentar