Rabu, 17 Agustus 2016

Struktur yang Benar

Seringkali pratisi TCMA (Traditional Chinese Martial Arts) bilang begini,tanpa guru yang benar tidak akan ketemu struktur yang benar. Beruntunglah kalau bertemu guru yang bisa membimbing.Bila tidak ada guru yang bisa membimbing dengan benar apa pasrah aja menunggu nasib? Jaman sekarang beda dengan dulu.Sekarang ini teknologi informasi mudah diakses.Dengan memakai logika kita tetap bisa belajar sendiri.Jangan mudah menyerah.
Sekarang kita coba membahas yang paling simpel.Bagaimana struktur memukul yang benar?

 Memukul Benar


Memukul Salah

Postur di atas saya ambil dari teori karate Okinawa.Berhubung saya tidak bisa menggambar,saya pinjam gambar.Gambar di atas sangat jelas membedakan struktur tubuh yang solid dan yang tidak solid. Gambar di bawah terlihat ada patahan di tubuh.Saat memu.kul diperlukan struktur yang solid agar tenaga balik benturan tidak terbuang ke belakang dan dapat masuk ke tubuh lawan.
Cara menahan tenaga balik ini ada 2 cara,cara halus dan cara keras.Cara halus lebih menekan kan ke struktur yang benar seperti gambar yang atas.Tulang dan otot pada posisi yang tepat.Cara keras adalah dengan memperkuat otot otot sendi dengan beban.
Alternatif lain saya suka dengan cara berlatih systema di bawah ini untuk memperbaiki struktur terutama bagian lengan dan bahu .Juga untuk memperkuat ligamen tanpa membikin otot kaku.Fist Hoping.



Alternatif lain adalah memakai makiwara.Cara memukulnya bukan sekuat tenaga,tetapi yang dicari ketepatan struktur.Bila struktur tepat,pukulan akan menembus tajam ke dalam.


Lalu bagaimana dengan TCMA ? 


Menit ke-21
Belajar..belajar dan belajar seperti kata Pak Joko Wi,eh salah ya :)   bekerja..bekerja ...bekerja  kalau kata Beliau.Jangan menyerah bila susah menemukan guru yang dapat mengajari.Belajar dan eksperimen.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar