Kamis, 24 September 2015

Fungsi Kuda Kuda dalam Kungfu

Kuda kuda,salah satu latihan penting dalam kungfu.Sering sekali saya dengar jaman dulu kalau orang orang tua cerita bahwa latihan awal hanya kuda kuda saja selama 5 tahun.Wah..kelamaan...Ada baiknya kita mengerti sebenarnya kuda kuda ini latihan untuk apa.Di jaman sekarang,fungsi kuda kuda itu sama dengan latihan squat.Squat bisa memakai beban tubuh sendiri atau dengan tambahan beban.



Fungsi squat :
1. Membentuk otot seluruh tubuh.Squat terutama bekerja membentuk otot-otot kaki seperti quadriceps/paha atas,harmstring/paha belakang dan calves/betis.Squats merupakan salah satu latihan yang melatih banyak kelompok otot seperti otot perut dan otot punggung.Jika dilakukan dengan benar,squats akan memicu pelepasan hormon testosteron dan hormon pertumbuhan.
2.Squats tidak hanya membantu membangun otot, tapi juga memicu melepaskan hormon testosteron yang membantu meningkatkan massa otot. Membangun otot membantu mengatur metabolisme glukosa dan lemak serta sensitivitas insulin, sehingga melindungi Anda dari penyakit seperti diabetes, obesitas, dan masalah kardiovaskular.
3.Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan.
4.Mencegah cedera.
Sebagian besar cedera melibatkan lemahnya kestabilan otot ligamen dan jaringan ikat .Squats dapat menguatkan ligamen dan jaringan ikat .
5.Meningkatkan kemampuan atletik seseorang sehingga dapat bergerak lebih cepat dan melompat lebih tinggi.
6.Meningkatkan metabolisme di dalam tubuh sehingga kotoran atau racun di dalam tubuh bisa keluar dengan lancar.
7.Membakar kalori 
Salah satu cara membakar lemak adalah dengan meningkatkan massa otot.Untuk setiap pound massa otot yg dibangun,kalori yang dibakar 50-70 kalori

Postur di foto di atas adalah postur yang benar untuk kuda kuda.Titik berat tubuh masih tetap di center.Jadi beban ke lutut dan punggung tidak berat sehingga meminimalkan resiko cedera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar