Rabu, 14 Oktober 2015

Apakah Latihan Beban akan Menaikkan Power Pukulan ?

Pertama kita harus mengetahui tentang jenis jenis pukulan.Secara garis besar pukulan itu ada 2 jenis :
1. Push Punch (pukulan ayun ----istilah saya)
    Pukulan ini memanfaatkan berat tubuh.Untuk memperkeras pukulan,berat tubuh ditumpukan ke         tangan.Ayunan tubuh searah dgn ayunan tangan.Efek kerusakan di tubuh lawan kalau istilah saya       seperti ditabrak mobil.Jenis pukulan ini membutuhkan otot-otot yang kuat untuk menahan tenaga       balik dari pukulan yang membentur lawan.Ibaratnya seperti mobil tabrakan,kalau rangka mobil           tidak kuat ya mobilnya juga ikut hancur.Angkat beban diperlukan untuk memperkuat otot-otot.           Jenis pukulan ini tidak menguntungkan untuk org yang berat badannya lebih ringan.Angkat beban       di pukulan jenis ini efeknya tidak terlalu merugikan,paling untuk fighter bebannya tidak boleh             terlalu berat agar tidak terlalu kaku. Jadi kalau menaikkan power pukulan secara langsung                   tidak,tapi membantu memperkuat rangka tubuh.Push punch ini lebih banyak digunakan praktisi           MMA.Karena di MMA juga diperlukan kekuatan dan ketahanan otot untuk bermain bawah seperti     grapling. Skill grapplingnya dapat,masih bisa memukul.Kekurangannya ya kalah besar cenderung       kalah .
2.Snap Punch (pukulan lecut)
   Berbeda dari push punch,snap punch ini membutuhkan akselerasi power dari kosong sampai full        power dalam waktu yang singkat.Yang dibutuhkan adalah otot yang relaks agar power dapat                berakselerasi dengan cepat. Angkat beban pada dasarnya hanya meningkatkan power untuk                mendorong.Selain itu ,angkat beban menghambat otot bisa relaks dengan cepat setelah memukul.        Power dari snap punch ini merupakan kombinasi antara otot dalam dan otot luar(yang biasa disebut    tenaga internal kalau sdh expert,suatu saat akan dibahas kalau saya pas niat :)   ).  Di titik                    benturan,seluruh otot tubuh serempak berkontraksi dgn cepat lalu relaks lagi dengan cepat. Snap        punch ini banyak dipakai di kungfu.Dikombinasikan dengan memakai bagian tubuh yang tajam      seperti buk u kepalan/buku jari tangan sehingga tenaga lebih terkonsentrasi di satu titik dan    menimbulkan luka yang lumayan di tubuh lawan. Kesalahan berlatih seperti misal push up atau  angkat beban di snap punch ini membuat snap punch tdk akan keluar power.Tenaga hilang di    jalan.Contoh olah raga yang memakai snap motion ini adalah bulutangkis. Saat orang memdukan    snap punch dengan kuncian,biasanya otot menjadi kacau.Karena kuncian memerlukan ketahanan  otot,sedangkan snap punch membutuhkan otot yang relaks agar power dapat berakselerasi.Itu  sebabnya jarang ada org yang ground fightingnya bagus mempunyai pukulan snap yang meledak  ledak.Begitu juga sebaliknya. Di kungfu level atas,snap punch ini akan menjadi halus,perputaran  tubuh hampir tidak terlihat karena otot dalam yang dipakai,bahkan saat posisi menempel lawan ,power masih bisa meledak,power berakselerasi dgn cepat.

           
               Contoh snap punch untuk memukul selembar kertas.Terpotong,bukan tercabik.Perlu                     kecepatan tinggi dan akselerasi power sebelum kertas terdorong kena angin pukulan yang datang
                                      Saat memukul benda keras sdh terlalu umum


1 komentar:

  1. permisi kak, mau tanya. untuk melatih snap punch itu gimana ya?

    BalasHapus