Kamis, 01 Oktober 2015

Kenapa Kungfu Saya Tidak Bisa Dipakai Real Fight?

Dengan maraknya acara Mixed Martial Arts,makin banyak orang merasa bahwa tradistional chinese martial arts/tcma (termasuk kungfu dan taichi) tidak dapat dipakai.Bahkan ada beberapa master kungfu yang saya kenal di akhir hidupnya menangis karena apa yang dipelajarinya tidak dapat dipakai.Padahal dulu kungfu sudah teruji dalam perang selama ribuan tahun,bukan cuma bbrp tahun.Berikut beberapa kesalahan fatal dalam berlatih kungfu :

1.Indoktrinasi yang salah                          
  Tidak terkalahkan karena tidak
pernah bertarung.Jangan bertarung..    powermu sangat besar dan bisa
membunuh orang.Itu yang sering saya dengar.Membunuh orang tidak semudah itu.Tanpa berlatih tanding,          latihan tcma tidak berguna.Membaca jarak aja gak bisa bagaimana bisa memukul tepat.Ada banyak metode yang bisa meminimalkan resiko cedera.Bisa memakai sansak,pakai protektor,dll.Bagaimana bisa menjadi atlet badminton kalau cuma latihan sendirian.

2. Pengertian yang salah dalam berlatih power.
Power dalam tcma digambarkan sebagai chi.Chi berpusat di tan tien yang lokasinya 3 jari di bawah pusar. Chi ini sebenarnya bukanlah seduatu yang imaginer.Dalam berlatih menguatkan tan tien tidak bisa hanya dengan meditasi duduk.Jangan terpengaruh cerita silat spt cerita Kho Ping Hoo.Duduk meditasi lalu keluar sinar.Salah besar.Tan tien bisa dilatih dengan gerakan tertentu .Jangan percaya film atau komik. Chi bisa menjadi besar dengan latihan struktur tubuh yang benar dan tentu saja cara yang benar.Pada hakekatnya chi itu didapat dari pengolahan diafragma yang benar.Inul punya tan tien yang sangat kuat gara gara goyangnya.Hanya karena tujuan dia bukan di beladiri ya tidak ada gunanya.Chi bisa dipakai bukan hanya karena tan tien kuat.Masih banyak latihan lain yang mendukung. Pikiran dan tubuh harus sinkron.Pikiran tidak bisa dengan serta merta memerintah tubuh dan tubuh langsung mengikuti.Perlu latihan intensif dan benar.Kalau gak ya cuma jadi tukang khayal.

3.Mac D bisa berhasil bukan karena banyaknya menu yang disajikan.Tapi karena keseluruhan sistem.Dimulai dari pemilihan bahan yang tepat,proses distribusi bahan,proses memasaknya,proses penyajian,teknik marketing,sumber daya manusia dll.Banyaknya jurus yang dikuasai itu hanyalah seperti menu di Mac D.Masih banyak yang harus dipelajari selain jurus.Jurus diciptakan karena penciptanya ingin memberi gambaran yang jelas tentang sistem.Di jurus terkandung isi pikiran penciptanya.Makin banyak jurus itu karena yang diajari tidak paham.Sebenarnya kalau bisa menangkap maksud penciptanya menciptakan jurus,latihan sederhana akan sangat berguna,tidak perlu menghafal panjang panjang. Sama saja seperti chef.Yang terpenting adalah dia memahami bagaimana proses bahan makanan diolah dan karakteristik bahannya.Cara memasak seperti kungfu chef yang akrobatik tidak menentukan rasa dan hasil akhir.

4.Tidak ada sesuatu yang instan.
Alam sudah mengajarkan bahwa semua harus melalui proses.Manusia harus melewati proses bbrp bulan dilahirkan.Ada waktu untuk belajar jalan,ada waktu untuk belajar jalan. Cerita tentang Tio Bu Ki menemukan kitab di perut kera lalu dalam beberapa hari ilmunya langsung mencapai tingkat tertinggi itu hanyalah fantasi manusia.Keinginan untuk berhasil tanpa harus bersusah payah.

5. Berlatih kungfu itu tua baru bisa jadi
Itu juga ajaran sesat.Lama baru jadi itu hanya untuk menutupi kelemahan bahwa gurunya tidak tau cara mengajar. Zhao Dao Xin berumur 20 tahun,saat dia masuk 15 besar fighter dalam pertarungan bebas kungfu yang diadakan th 1929 di Hangzhou.Pertandingan bebas pertama di abad 20 di Cina bagian utara.Diikuti oleh sebagian aliran kungfu di Cina.Salah satu wasitnya adalah Li Shu Wen dan Ba Ji Quan yg sangat terkenal karena komik Kenji.Juri lain juga master master kungfu top.Lama atau tidaknya berlatih itu tergantung tujuannya.Kalau ingin cari prestasi atau atlet tentunya beda sistem dengan yang hanya utk olahraga atau having fun.

6.Kungfu itu bukanlah sesuatu yang magis.
Orang kalau mau serius belajar kungfu itu sama seperti ilmuwan.Pada dasarnya kungfu itu adalah ilmu tentang struktur tubuh manusia dan psikologi manusia. Thi Khi I Beng nya Kho Ping Ho yang bisa meyedot tenaga lawan itu gambaran yang salah tentang kungfu.Di kungfu ada yang istilahnya Tun Tuo.Power yang masuk diikuti sampai habis,setelah itu dikembalikan ke lawan.Sama sepeti prinsip per.Ditekan ikut,setelah tenaga habis per akan melontarkan yang nekan.Itu ilmiah.Tapi ada juga yang sejenis ilmu psikologi.Di salah satu resepsi pernikahan teman ,ada yang mengundang Romy Rafael.Saat itu dia membuat permainan,orang tangannya bisa terkunci sendiri dan tidak dapat bergerak.Dan hanya Romy yang bisa melepaskan tangan org itu.Aneh ya...yang pegang tangan sendiri tapi tidak bisa lepas sampai perlu bantuan orang lain.Romy memanfaatkan sejenis ilmu psikologi ke alam bawah sadar manusia.Sama aja,kadang ada beberapa master kungfu yang memanfaatkan ilmu psikologi ini.Ya kalau untuk bertarung keburu disikat lawannya.Mana ada lawan yang mau dituntun psikologinya menuruti perintahnya.

7.Yamaha Vixion dimodif jadi moge
Itulah fenomena yang terjadi saat ini.Begitu berhasilnya film Ip Man,sampai membuat org aliran lain yang bukan dari Wing Chun membuat perguruan Wing Chun dan laris manis memanfaatkan keluguan orang.Saat dipakai ya akan beda.Lho..kok Wing Chun ternyata sama aja dengan kick boxing atau silat ya kalau fight?Jangan samakan Vixion dengan moge asli.Tentu saja feel nya beda.Vixion juga bisa dinaiki.Bisa lari kencang.Tapi ya tetap beda.

8.Pengertian yang salah kungfu tidak pakai tenaga bisa melawan yang lebih besar
Itu film.Kungfu sebenarnya mengajarkan bagaimana kita bergerak efektif dan efisien.Banyak prinsip fisika yang dipakai di sini.Kalau ada master yang terlihat halus dan tidak pakai tenaga tapi efek tenaganya sangat besar,itu karena dia sudah menguasai ilmunya.Tubuh harus tetap dilatih.Bedanya,harus tau mana yang dilatih.Otot yang di kungfu beda latihannya dengan atlet binaraga.Banyak latihan latihan unik .

9. Belajar kungfu tidak harus jadi jagoan atau nomer satu.Tapi ada kenikmatan tersendiri dengan pengetahuan yang bisa kita dapat tentang manusia.Beladiri itu hanyalah bonus.Kesehatan itu lebih utama.Eh..saya tidak peduli asli atau tidak,yang penting kelihatan seperti Donnie Yen di film Ip Man.Ya boleh boleh saja.Saya cuma mengajak yang benar benar mau tau kungfu secara serius untuk benar benar belajar.Ada kenikmatan sendiri kalau belajar kungfu yang benar.Banyak hal hal misterius dari potensi tubuh manusia yang akan membuat orang terpana.

10.Sebelum memutuskan mengikuti suatu perguruan kungfu,cari referensi yang benar.Jangan hanya berdasar film atau youtube.

11.Jangan belajar dari youtube
Pernah tau makanan Jepang yang bernama NATO, kedelai difermentasi sampai berlendir.Cara makannya biasanya diberi telur mentah dan diberi soyu (kecap asin jepang). Hanya lihat atau baca tentunya sensasinya beda.Orang mungkin langsung jijik.Akan beda dgn memakannya langsung.Sama aja dgn org belajar dari youtube atau internet.Hanya membuang waktu.Tidak ada gunanya.Mendingan tidur atau aerobik aja.

12.Kontak saya kalau memang serius mau belajar kungfu yang benar.Sebisa mungkin saya bantu infokan perguruan yang dekat situ.  WA 0877 12 33 22 59




1 komentar: