Kamis, 15 Oktober 2015

Internal Power

Internal power pada dasarnya adalah power yang didapat dari pergerakan sumbu tubuh/core yang merambat keluar.Analoginya spt pergerakan dimulai dari setir mobil dan akhirnya merambat ke ban sebagai sarana untuk berpindah jalur.

                                                                        otot dalam

Core ini pada dasarnya menggunakan otot dalam sebagai pemicu power.Core ini terdiri atas otot perut (di bawah otot six pack),otot punggung,otot sekitar panggul.Otot dalam ini berguna untuk grounding,rotasi dan generate power.Nanti di bawah akan dijelaskan bagaimana proses keluarnya tenaga.

                                                                         otot luar

Otot luar ini pada dasarnya untuk pergerakan tubuh dan sebagai jalan pelepasan power ke tubuh lawan.Proses pelepasan tenaga pukulan akan dijelaskan di bawah ini :

Proses generate power dimulai dengan grounding.Grounding ini pada intinya memanfaatkan gravitasi bumi untuk menambah massa tubuh.Gerakan tubuh ke bawah yang searah gravitasi bumi akan menimbulkan hukum aksi=reaksi.  Reaksi timbul akibat ada tenaga yang bergerak ke bawah yang membentur lantai.Tenaga pantulan ini akan diperkuat lagi oleh otot dalam.Diperkuat di rotasi pinggul,lalu naik terus sehingga akhirnya sampai ke tangan sebagai jalan penyaluran tenaga ke tubuh lawan.Sampai ke tubuh lawan tenaga sudah berlipat kali daripada saat awal dipicu di kaki. Beginilah sebenarnya mekanika yang orang biasa sebut internal power.Dengan badan yang kecil ,tenaga yang ada akan diperbesar beberapa kali lipat.Akhirnya ,orang yang kecil akan mempunyai tenaga yang dahsyat.

Meditasi diam merupakan salah satu cara untuk mengolah otot dalam.Tapi itu saja tidak cukup untuk generate power.Tetap harus ada sinkronisasi tubuh seperti sistem di atas.Tanpa itu hanyalah sia sia.Karena untuk real fight,tubuh akan selalu bergerak dan perlu sinkronisasi tubuh yang lumayan susah.

Internal power ini untuk sampai bisa digunakan akan melewati proses latihan yang panjang dan susah.Berbeda dgn push punch di artikel saya sebelumnya yang tingkat keberhasilannya tinggi.Sistem internal power ini memerlukan pemahaman yang dalam tentang struktur tubuh.

OTOT DALAM UNTUK GENERATE  POWER
OTOT LUAR UNTUK MENGHANTARKAN POWER



5 komentar: