Sabtu, 03 Oktober 2015

Tio Bu Kie dan Taichi



 Kisah Tio Bu Kie dalam To Liong To pasti banyak orang tau.Sudah dibuat banyak versi.Yang paling suka adalah versi yang Tony Leung.Mungkin minim spesial efek tapi sangat berkesan buat saya.
 Thio Bu Kie mempelajari ilmu Tai Chi dari pendiri Butongpai yaitu Thio Sam Hong dalam waktu yang singkat untuk menghadapi musuh di depan mata. Ketika Thio Bu Kie diajari ilmu Tai Chi, dia ditanya berapa banyak yang kamu mengerti? Dia menjawab lupa 50%. Kemudian Thio Sam Hong mengajari dengan gerakan yang sama sekali lain dengan sebelumnya dan menanyai Thio Bu Kie berapa banyak yang dia mengerti. Thio Bu Kie menjawab :”Hampir lupa semua.” Kemudian Thio Sam Hong mengajar gerakan lain lagi dan bertanya kepada Bu Kie. Bu Kie menjawab, “Sudah lupa semua.” Bawahannya Ciu Tat sampai geleng-geleng kepala melihat Thio Sam Hong yang mengajari hal yang berbeda dengan gerakan sebelumnya dan Thio Bu kie yang lupa semuanya. 

Ada beberapa hal menarik yang bisa didapat dari penggalan kisah ini :
1. Hampir tidak mungkin orang diajari saat itu langsung bisa,persentase nya 0,000  sekian persen.Tubuh perlu dilatih untuk bisa menyesuaikan dengan ilmu yang baru.Memang ada org jenius yang bisa belajar bahasa dalam 2 hari.Tapi untuk kungfu susah.Karena ada kombinasi dengan tubuh.Orang paling berbakat yang pernah saya temui juga memerlukan waktu bertahun tahun .Tetap memerlukan latihan keras.Apalagi kalau ilmu sama sekali beda dgn sebelumnya.

2.Lupakan semua jurus.Itu memang benar.Sering kali praktisi kungfu masih terpaku dengan jurus.Pada hakekatnya,jurus itu hanyalah untuk latihan.Ada jurus untuk penguatan tubuh.Ada jurus untuk melatih tenaga.Ada jurus untuk sinkronisasi gerakan.Semua itu merupakan proses agar tubuh bisa menyesuaikan dengan kebutuhan ilmu yang dipelajari.Saat dipakai,lupakan semua bentuk kuda kuda atau jurus.Rileks dan ambil posisi yang enak .Bukan pasang kuda kuda yang bikin capek.Salah satu fungsi latihan jurus adalah membiasakan tubuh agar tubuh bereaksi alami seperti ilmu yang dipelajari.Memang ada tahap tahap berat yang harus dilalui untuk sampai ke sana dan itu tidak mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar