Rabu, 23 Maret 2011

Asashoryu Akinori



Selama saya berada di Jepang,ada satu pegulat sumo (rikishi) yang membuat saya selalu ingin menonton pertandingan sumo di televisi sepulang kerja.Asashryu Akinori atau biasa disebut Asashoryu.Termasuk kecil untuk ukuran pegulat sumo,tinggi 184 cm dan beratnya 148 kg.Meski kecil ,tetapi tekniknya luar biasa sehingga bisa mengalahkan pesumo yang jauh lebih besar.


Dolgorsürengiin Dagvadorj nama aslinya,berasal dari Mongolia.Keluarga Asashoryu memang menekuni beladiri Ayah dan kakaknya adalah pegulat top di Mongolia Asashoryu sendiri sebelum terjun ke sumo juga belajar gulat Mongolia dan Judo. Asasohryu Akinori adalah nama shikona (julukan) yang artinya " morning blue dragon" . Dilahirkan pada tanggal 27 September 1980 di Mongolia . Asashoryu menjadi yokozuna pada tahun 2003 dan menjadi orang Mongolia yang mencapai peringkat tertinggi dalam sejarah sumo.Selama kariernya ,Asashoryu sudah memenangkan 25 kejuaraan level tertinggi sumo yang menjadikannya pegulat sumo terbaik ketiga sepanjang masa.Asashoryu mengundurkan diri pada bulan Februari 2010 setelah melakukan kekerasan terhadap seorang pria di luar sebuah klub malam di kota Tokyo.


Memulai karier di sumo di berat yang ringa untuk ukuran pegulat sumo,hanya 124 kg.Asashoryu mengalahkan lawan yang lebih besar dengan mengandalkan teknik dan kecepatan.Di akhir kariernya pada tahun 2010,dia mecapai berat badan 110 kg.Seorang reporter NHK Tokyo ,Hiro Morita,pada tahun 2008 melaporkan bahwa Asashoryu melatih otot bicep dengan dumbell seberat 30 kg dan bench press seberat 200 kg.Sepanjang kariernya,Asashoryu menggunakan 45 teknik (kimarite) untuk mengalahkan lawan-lawannya,terbanyak di antara pegulat pegulat sumo.Salah satu pertandingan yang dikenang adalah saat dia mengalahkan Harumafuji dengan teknik Yaguranage.Teknik ini sudah tidak pernah terlihat sejak tahun 1975 di pertandingan level atas sumo.




                                                                   Yaguranage





Tidak ada komentar:

Posting Komentar