Selasa, 15 Maret 2011

Kwik Tjong Thay

Pertemuan pertama saya dengan Suhu Kwik Tjong Thay ini pada tahun 1990.Saat itu saya diajak seorang teman untuk berlatih di rumahnya di Jalan Ledoksari no 5 ,Solo,dekat Pasar Ledoksari.Sebuah rumah tua dengan ruang kecil di belakang untuk tempat latihan.Ruang dengan ukuran sekitar 7m x 5m dengan sebuah cermin besar ditaruh dibagian depan (sekitar 3mx2m) agar yang berlatih dapat melihat gerakannya di cermin.Toya kayu dipajang berjejer di bagian depan.Foto dari Lo Ban Teng dan Liem Tjoei Kang terpajang di dinding.Di bagian belakang ada sansak kecil tergantung.Foto Sim Jang Tek juga terpajang di bagian depan rumah.
Kesan pertama bertemu dengan Suhu Kwik ini seperti gambaran master kungfu di film-film.Kecil,tua (saat itu berumur 70 an tahun) dan masih segar.Satu-persatu murid maju ke depan dan memainkan jurus (kun chua).Suhu Kwik biasa mengawasi sambil duduk sambil memegang buku catatan.Dengan lafal Indonesia yang masih cedal beliau memberi petunjuk.
Agak tertutup,begitu kesan saya atas perguruan ini.Tidak banyak orang yang tahu kalau Suhu Kwik ini melatih kungfu Ngo Cho Kun Ho Yang Pay.Biasanya hanya kalangan keturunan chinese saja yang tahu.Kecil tetapi sangat powerful Suhu Kwik ini.Sesekali dia juga masih menemani murid-muridnya berlatih.
Lahir Pada tahun 1913 di Cina.Di sana beliau sempat belajar pada Sim Jang Tek,salah satu dari 10 macan Ngo Cho Kun Ho Yang Pay yang juga merupakan guru dari Sinshe Liem Chui Kang.Pada tahun 1930 di usia 17 tahun,Suhu Kwik hijrah ke Indonesia dan menetap di kota Solo,Jawa Tengah.Di Solo,beliau melanjutkan belajar kungfu di bawah bimbingan suhengnya Liem Tjoei Kang.
Mulai tahun 1950 an Suhu Kwik menjadi salah satu guru besar Ngo Cho Kun di kota Solo selain mengajar di sekolah dasar Tjung Tjen.Sekitar tahun 1997 ,suhu Kwik mengalami kecelakaan sehingga kakinya cedera parah.Saya masih teringat saat saya akan berlatih saya disuruh pulang oleh isteri suhu Kwik karena suhu Kwik pasti ingin melatih meski duduk di kursi roda.Saya disuruh pulang agar suhu dapat beristirahat.Perlahan-lahan kesehatannya menurun sehingga akhirnya meninggal pada 16 Januari 1999.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar