Selasa, 15 Maret 2011

Liem Kiong Djien - Perguruan Bangau Putih ,Solo

Biasa saya memanggilnya Om Djien(76 tahun).Beliau merupakan guru kungfu pertama saya di Kota Solo.Perguruannya dinamai Bangau Putih,tetapi tidak ada hubungannya dengan Bangau Putih Bogor.Sudah 10 tahun lebih saya tidak bertemu beliau.Minggu pagi jam 07.00 saya menyempatkan diri untuk berkunjung karena memang sekarang latihannya hanya seminggu sekali di Hari Minggu.
Simpel,praktis,bertenaga dan keras,ciri khas kungfu Bangau Putih Solo.Cukup lama juga saya belajar di sini mulai umur 13 tahun sampai 18 tahun.Berbeda dengan kungfu tradisional lain,kungfu yang diajarkan Om Djien ini cukup praktis dan gampang dipelajari.Dulu selain melatih kalangan orang awam,Om Djien juga melatih beladiri di militer.Guru Om Djien cukup banyak,di antaranya Yap Tian Ping dan Yap Tian Sing,pengawal ekspedisi jaman dulu dan ada beberapa guru lagi.Ada juga pengaruh dari Ngo Cho Kun di beberapa gerakannya karena beliau juga pernah belajar Ngo Cho Kun di Kota Solo.
Perguruan Bangau Putih Solo
Jalan Melati Raya no 9A Grogol ,Sukoharjo
(depan kantor kecamatan Grogol masuk gang)



4 komentar:

  1. Terima kasih atas tulisan tentang perguruan bangau putih solo dan mengingatkan saya pernah belajar silat dibawah bimbingan Om Djien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya yuga pernah belajar ke Bangau Putih, di bawah bimbingan Koh Djien (waktu itu kami panggil demikian) tempat latihannya masih di Gajahan, saya belajar di tempat beliau sejak smp sd sma
      Hermonl

      Hapus
    2. Saya yuga pernah belajar ke Bangau Putih, di bawah bimbingan Koh Djien (waktu itu kami panggil demikian) tempat latihannya masih di Gajahan, saya belajar di tempat beliau sejak smp sd sma
      Hermonl

      Hapus
  2. Minta info...
    Sekarang ini masih adakah tempat latihannya ?? Sy pengin masukkan anak saya (cewek)

    BalasHapus